Bagi teman-teman yang menggunakan OS linux mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya root atau super user yang merupakan sebuah user dewa yang memiliki hak akses penuh untuk melakukan write, read, dan execution. Yang menjadi permasalahannya adalah setiap user yang ada bisa menjadi root dengan menggunkan password accountnya sendiri. Nah sekarang kita akan coba memberikan hak akses root hanya pada satu user dan user-user yang lain tidak akan bisa menjadi root .

1. Buka Application -> Accesorries -> Terminal lalu , ketik :bintang@bintang-dekstop:~$ sudo su dan masukan passwordnya …..

lihat gambar di bawah ini !!!!!!!!

2. Lalu , masukkan user yang akan diberikan hak akses root pada sebuah group yang berada pada directory /etc/group. Untuk mengeditnya ketik : “nano /etc/group”

Atau … jika ingin menggunakan editor yang berbasis gui , ketik : “gedit /etc/group”.

Tambahkan nama root pada baris paling atas !!! contoh : root:x:0:bintang,

apabila ada nama user lain dalam adm:4:0 silahkan hapus saja atau ganti dengan nama user yang akan diberikan hak akses root.

lihat gambar di bawah ini !!!!!!!

3. Setelah memasukan user anda kedalam group root, aktifkanlah authorization untuk user anda. lokasinya berada pada directory “/etc/pam.d/su” . sama seperti sebelumnya ketikan “nano /etc/pam.d/su” atau “gedit /etc/pam.d/su” sama saja. Hilangkan tanda # pada garis “auth required pam_wheel.so”. karena apabila ada tanda tersebut maka baris yang ada hanya dianggap komentar dan tidak akan dieksekusi. lalu, keluar dari editor dengan menggunakan ctrl +X tekan Y dan tekan enter. lihat gambar dibawah ini !!!!!!

4. setelah selesai tahap2 yang diatas . coba kita buat user baru lagi dengan mengetikan “adduser nama_user”. contoh : “adduser bintangps” masukan password untuk user lain Ganti user anda dengan mengetikan ”su nama_user” contoh “subintangps” maka user kita akan berganti menjadi bintangps.

Selain itu bisa dengan cara log out terlebih dahulu dan login dengan user yang tadi dibuat.

Beberapa Perintah Bantuan Linux:

man : digunakan untuk menampilkan penjelasan detail suatu perintah

whatis : digunakan menampilkan fungsi dari suatu perintah

apropos : digunakan mencari man page tertentu dan menampilkan hasil serta deskripsi man page tersebut jika ditemukan

ls –help : digunakan Perintah diatas akan menampilkan bantuan untuk perintah ls

history : digunakan menampilkan perintah yang digunakan sebelumnya

nice : digunakan menjalankan program dengan modifikasi yang telah dijadwalkan

info : digunakan membaca suatu dokument